Minggu, 01 Februari 2009

sejarah



Sejarah



Goa seplawan merupakan obyek wisata yang berada di kabupaten porworejo jawah tengah. dengan alam nya yang indah. goa seplawan merupakan wisata alam dan wisata budaya. kenapa demikian karena di wilayah tersebut ada sebuah goa yang konon merupakan memiliki latar belakang sejarah dan budaya yang begitu menarik untuk di kaji. menurut bapak pengelolah lokasi tersebut bapak ngudiyo seplawan berasal dari dua suku kata yaitu SAFLU yang artinya SUCI dan WAN yang artinya MANUSIA jadi secara harfiah safluwan bisa diartikan sebagai manusia suci. goa seplawan merupakan tempat orang suci.
Goa seplawan di temukan pada 1979 kemudian di lanjutkan dengan penelitian yang di lakukan oleh beberapa mahasiswa dari IPB BOGOR pada tahun 1986. lanjut pak ngudiyo goa seplawan sudah ada sejak abad ke-3 sebelum majapahit tentunya.di terangkan oleh pak ngadiyo kenapa goa seplawan disebut sebagai obyek wisata budaya karena di sana di temukan beberapa situs purbakala ini di kuatkan oleh beberapa penelitian yang di lakukan oleh beberapa pihak. di temukan sebuah benda yang berbentuk patung dua orang manusia, laki - laki dan perempuan. patung tersebut bahannya dari emas murni. patung tersebut bernama lingga dan yoni yang melambangkan kesuburan. LINGGA artinya laki - laki dan YONI artinya perempuan.pada tahun 1996 benda tersebut mewakili indonesia untuk pameran purbakala di SWIS.
Secara administrasi goa seplawan berada pada ketinggian 850 mdpl ( meter dari permukaan laut) berada pada perbatasan jogja dan kabupaten porworejo, sebelah timur dan selatan jogja, sebelah barat desa holosobo dan sebelah utara desa telogo guwo. lokasi goa seplawan sendiri berada di desa Donorejo kec,Kaligesing kab porworejo. dari porworejo ke lokasi goa seplawan berjarak sekitar 17 km. dengan kondisi perjalanan menanjak.


Tidak ada komentar: